Sabtu, 02 Februari 2013

Menu Makanan Untuk Penderita Hepatitis ( Radang Hati)




Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian hati sering desebut juga radang hati.
Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati. Jika seseorang menderita hepatitis, yang merupakan peradangan pada hati atau liver ini, maka hal ini dapat menghancurkan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.
Rusaknya fungsi hati atau liver ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.
Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.
Virus yang paling banyak menjangkiti manusia adalah VHB, penyebab hepatitis B. Diperkirakan 1 dari 3 orang yang ada di bumi pernah terinfeksi. Sekitar 350 juta hidup dengan virus mengendap pada tubuhnya dan berpotensi menulari orang lain. Sekitar 78% pengidap hepatitis menimpa penduduk Asia dan pulau-pulau di daerah Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600.000 orang per tahun.


Gejala Hepatitis

Beberapa gejala yang umum dari hepatitis adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam dan diare. Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning. Tetapi, gejala penyakit hepatitis tidak selalu, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.
Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat. Walau sebenarnya, virus dapat dibersihkan oleh antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.
 Gejala yang biasa tampak antara lain :
- Sangat kelelahan
- Nafsu makan menghilang
- Mual ataupun muntah
- Gatal seperti alergi pada kulit
- Perut membuncit
- Bagian tubuh tertentu menguning
- Kaki membengkak

Hepatitis A

Virus hepatitis A biasa terdapat pada kotoran penderitanya. Virus dapat hidup pada air atau es batu. Cara penyebaran virus ini adalah karena meminum air yang tercemar VHA. Bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau karena orang yang mempersiapkan makanan tidak terbiasa cuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A. Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (VHB) biasanya melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis. Bahkan noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 minggu sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa dari sejak kandungan dari seorang ibu yang terinfeksi dan karena hubungan seks.

Hepatitis C

Pengindap hepatitis C biasanya ditularkan dengan cara yang hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik.

Namun, pengaturan diet yang tepat dapat mempercepat pemulihan fungsi hati. Hati memiliki berbagai macam fungsi dalam pengolahan zat gizi. Semua zat gizi (karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain) dicerna dan diserap oleh dinding usus kemudian akan diangkut ke dalam hati untuk diolah. Hati juga mempunyai fungsi untuk menetralkan racun termasuk obat-obatan yang membahayakan, hormon dan lain-lain. Mengingat pentingnya fungsi hati bila hati rusak maka dapat terjadi penyimpangan dalam pengolahan zat gizi. Namun kita tidak perlu berkecil hati karena hati merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk regenerasi/pemulihan.
Pemberian protein bermutu tinggi dan vitamin dapat mempercepat pemulihan. Namun perlu diingat bahwa pemberian protein harus disesuaikan dengan toleransi tubuh penderita karena bila berlebih dapat menyebabkan kadar ammonia dalam darah meningkat atau tidak seimbang sehingga timbullah berbagai gangguan dalam tubuh. Oleh karenanya, diperlukan suatu pengaturan diet yang tepat untuk penderita hepatitis agar diperoleh pemulihan yang maksimal.

Syarat Diet Untuk Penderita Penyakit Hati
Tujuan pengaturan diet pada penderita penyakit hati adalah memberikan makanan cukup untuk mempercepat perbaikan fungsi tanpa memperberat kerja hati. Syaratnya adalah sebagai berikut :
  1. Kalori tinggi, kandungan karbohidrat tinggi, lemak sedang dan protein disesuaikan dengan keadaan penderita.
  2. Diet diberikan secara bertahap, disesuaikan dengan nafsu makan dan toleransi pendeita.
  3. Cukup vitamin dan mineral.
  4. Rendah garam atau cairan dibatasi bila terjadi penimbunan garam/air.
  5. Mudah dicerna dan tidak merangsang.
  6. Bahan makanan yang mengandung gas dihindari.
  7. Bila berat badan berlebihan, harus diturunkan secara bertahap sesuai kebutuhan penderita.
  8. Bahan Makanan yang mengandung lemak dan kolesterol dihindari, seperti ayam dengan kulit, kuning telur, jeroan, udang dan lain – lain.
Macam-Macam Diet Untuk Penderita Penyakit Hati
Ada berbagai macam diet untuk penderita hepatitis, diet tersebut disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami oleh pasien hepatitis.

Diet 1
Untuk penderita sirosis hati yang berat dan hepatitis akut prekoma.
Biasanya diberikan makanan berupa cairan yang mengandung karbohidrat sederhana misalnya sari buah, sirop, teh manis. Pemberian protein sebaiknya dihindarkan. Bila terjadi penimbunan cairan atau sulit kencing maka pemberian cairan maksimum 1 liter perhari. Diet ini sebaiknya diberikan lebih dari 3 hari.
Diet 2
Diberikan bila keadaan akut atau prekoma sudah dapat diatasi dan mulai timbul nafsu makan.
Diet berbentuk lunak atau dicincang, tergantung keadaan penderita. Asupan protein dibatasi hingga 30 gram perhari, dan lemak diberikan dalam bentuk yang mudah dicerna.
Diet 3
Untuk penderita yang nafsunya cukup baik.
Bentuk makanan lunak atau biasa, tergantung keadaan penderita. Kandungan protein bisa sampai 1 g/kg berat badan, lemak sedang dalam bentuk yang mudah dicerna.
Diet 4
Untuk penderita yang nafsu makannya telah membaik, dapat menerima protein dan tidak menunjukan sirosis aktif.
Bentuk makanan lunak atau biasa, tergantung kesanggupan penderita. Kalori, kandungan protein dan hidrat arang tinggi, lemak, vitamin dan mineral cukup.

Pant

Pemilihan Bahan Makanan Bagi Penderita Hepatitis :
  1. Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti timun, ubi, singkong, kacang merah, kol, sawi, lobak, nangka, durian dan lain-lain.
  2. Hindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain.
  3. Pilihlah bahan makanan yang kandungan lemaknya tidak banyak seperti daging yang tidak berlemak, ikan segar, ayam tanpa kulit.
  4. Sebaiknya pilih sayur-sayuran yang sedikit mengandung serat seperti bayam, wortel, bit, labu siam, kacang panjang muda, buncis muda, daun kangkung dan sebagainya.
  5. Bumbu-bumbu jangan terlalu merangsang. Salam, laos, kunyit, bawang merah, bawang putih dan ketumbar boleh dipakai tetapi jangan terlalu banyak.
  6. Hindarkan makanan yang terlalu berlemak seperti daging babi, usus, babat, otak, sum-sum dan santan kental.
  7. Hindari penggunaan kelapa, minyak kelapa, minyak hewan, margarin dan mentega.
  8. Batasi penggunaan daging hingga 3 kali seminggu, makanlah sering ikan atau ayam tanpa lemak sebagai pengganti.
  9. Gunakan susu skim pengganti susu penuh.
  10. Batasilah penggunaan kuning telur hingga 3 butir seminggu.
  11. Gunakanlah sering tahu, tempe dan hasil olahan kacang – kacangan lainnya.
  12. Batasilah penggunaan gula, makanan, minuman manis, seperti : sirup, coca – cola, limun, gula, dodol, tarcis, kolak, es krim, dan sebagainya.
Bagaimana caranya memasak?
  1. Bila memasak daging, pilihlah daging yang kurus, lalu keluarkan bagian – bagian yang berlemak.
  2. Memasak sebaiknya dikukus, direbus, dipanggang, diungkep, atau ditumis. Hindari makanan yang digoreng.
  3. Sebagian dari sayur sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan.
Contoh Menu

Menu Hari Pertama
Makan Pagi
- Jaffle Telur
- Susu skim (Rendah Lemak)
Selingan Pagi : Puding cokelat
Makan Siang :
- Bubur Ayam Alami (tanpa bumbu kuning)
- Telur rebus matang
- Pepes tahu putih telur
- Tumis buncis muda
- Jus melon
Selingan Sore : Agar–agar buah
Makan Malam :
- Bubur tim saring
- Sup (Tofu,Wortel, Daun bawang, Seledri, Dada Ayam)
- Abon tabur


- Yoghurt

Menu Hari kedua
Makan Pagi
- Sandwich Dada Ayam
- Teh Manis
Makan Siang :
- Bubur Tim Udang
  Cara: Beras yang telah dicuci bersih, udang kupas bersih, dada ayam, wortel, sedikit bawang putih,
            gula, dan garam (Blender)
- Abon Tabur
- Jus Wortel
Makan Malam :
- Bubur tim saring
- Ayam bakar suwir (Rendah Bumbu)
- Sup Brokoli
- Korma
- Air Mineral
- Jus Tomat

Menu Hari ketiga
Makan Pagi :
- Bubur kacang hijau
- Roti Tawar
Makan Siang :
- Nasi Tim
- Pepes tahu tempe
- Sup bayam
- Pepaya Potong dengan taburan gula pasir
Makan Malam:
- Gado-Gado rebus (rendah bumbu, tanpa timun)
- Jus Sirsak

Menu Hari Keempat
Makan Pagi :
- Bakpao
- Teh manis
Makan Siang:
- Nasi Tim
- Sup ayam makaroni (dada ayam, makaroni, wortel, seledri daun bawang, bawang putih)
- Jus tomat
Makan Malam :
- Nasi tim
- Sapo tahu
- Jus pepaya
- Pudding

Menu Hari Kelima
Makan Pagi :
- Jagung Rebus
- Susu Skim
Makan Siang :
- Bubur Pangsit Ayam Kukus
- Roti Kukus
- Semangka Potong
Makan Malam
- Nasi Tim
- Tumis Pare/kangkung
- Telur Rebus Matang
- Jus Apel

Menu Hari Keenam
Makan Pagi :
- Roti selai
- Teh manis
Makan Siang :
- Nasi tim
- Sayur bening labu siam
- Abon Tabur
- Telur rebus matang
- Jus melon
Makan Malam :
- Kentang Rebus Halus
- Seledri tabur
- Ayam bakar suwir (rendah bumbu)
- Yoghurt
- Jus Tomat

Bagi penderita hepatitis, terapi diet sangat penting untuk dilakukan. Kandungan gizi pada terapi diet penderita hepatitis berbeda-beda tergantung pada kondisi penderita. Total kalori yang diberikan juga berbeda, tergantung besar badan dan aktivitas penderita.

Catatan:
- Banyak istirahat
- Tenangkan pikiran
- Hindari stres sebisa mungkin
- Kurangi aktivitas
- Kebersihan, mengganti sprei, sarung bantal, handuk, maupun sikat gigi.
- Jangan banyak bergerak atau bicara

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam sehat sejahtera!

47 komentar:

  1. Thanks infonya, saya sedang hamil 7 bulan dan terkena penyakit hepatitis A.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalo boleh tau perkembangannya gmna um? Suami sy kena hep B sy suka panik

      Hapus
    2. yg penting divaksin semua keluarga. terutama istri dan anak2

      Hapus
  2. mantap gan, makasi banyak informasinya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya..

    Sangat membantu, semoga dengan mengikuti menu2 diatas + doa, mudah2an bisa sembuh dan hilang..

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasi ny kk
    Salam sehat, semoga sehat selalu, bahagia selalu

    BalasHapus
  5. Thanks a lot for the info ! May God bless us all espescially you !

    BalasHapus
  6. Info yg sangat membantu, sehingga ϐïśα ϑĩ terapkan pada suami yg punya gejala lever.... Tq

    BalasHapus
  7. No worries brother, you must belive for everything can be ok
    Changes your live better than and let's praying together ......

    BalasHapus
  8. Info Menarik. Saya cari Pelangsing Badan yang bagus untuk penderita diabetes

    BalasHapus
  9. makasih tipsnya lagi cari tips2 kaya gini biar hidup lebih sehat

    BalasHapus
  10. berat badan naik adalah masalah besar bagi perempuan, temukan informasi seputar macam macam diet di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan untuk membantu mengurangi berat badan anda.

    BalasHapus
  11. Wah, amit-amit jangan sampe saya kena hepatitis dah. Menu makanan sebanyak itu buat pemulihan. Bisa tekor duit.
    Selama ini saya konsumsi fita-liv untuk liver sih. Produk Indonesia, makanya saya percaya.

    ---> LIVER SEHAT <---

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa didapat dimana it gan fita-liv nya . Berapa harga dan apa khasiatnya?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Harga 1 kotak FitA-Liv isi 25 sachet adalah 350rb gan. Hubungi aja 022 - 6000077 / SMS 08156076077 / PINBB 335B0C37

      Adapun mekanisme kerta Fitaliv dalam mengatasi Hepatitis dan Gastritis adalah:

      Di liver (hati):

      Fitaliv diserah oleh usus dan melalui peredaran darah akan menuju ke hati. Fitaliv yang mengandung kurkurmin dari Curcuma domestica (Kunyit) dan Curcuma xanthorriza (Temulawak) akan meningkatakan produksi cairan asam empedu yang diperlukan untuk menghambat enzim Cytochrom P450, enzim yang memberi makan pada virus, sehingga tidak memperoleh makanan dan akhirnya mati.
      Fitaliv berfungsi sebagai hepatoprotektor, melindungi dan memperbaiki fungsi sel hati, sehingga hati cepat mengalami pemulihan dari Hepatitis, ditandai dengan penurunan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvic Transaminase).

      Baca selengkapnya disini gan : http://www.taranatureepa.co.id/produk-tara/fita-liv/

      Semoga bermanfaat gan.

      Hapus
  12. artikelnya sangat menarik untuk dibaca gan

    http://obat-alami.info/obat-alami-penyakit-liver19/

    BalasHapus
  13. artikelnya sangat bermanfaat sekali gan, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/makanan-sehat-untuk-penderita-hepatitis-b/

    BalasHapus
  14. sangat bermanfaat sekali artikelnya gan, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/makanan-sehat-untuk-penderita-hepatitis-b/

    BalasHapus
  15. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/komplikasi-penyakit-hepatitis-b/

    BalasHapus
  16. Bagaimana dgn ibu hamil yg menderita hepatitis B,
    Untuk menaikkan berat badan bayi apa yg harus dikonsumsi??

    BalasHapus
  17. Bagaimana dgn ibu hamil yg menderita hepatitis B,
    Untuk menaikkan berat badan bayi apa yg harus dikonsumsi??

    BalasHapus
  18. Bagaimana dgn ibu hamil yg menderita hepatitis B,
    Untuk menaikkan berat badan bayi apa yg harus dikonsumsi??

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Saya punya produk untuk menyembuhkan semua jenis penyakit ,in my twitter @AdengKartiwa atau blog saya : http://rumahherbaltianshi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  21. Saya punya produk untuk menyembuhkan semua jenis penyakit ,in my twitter @AdengKartiwa atau blog saya : http://rumahherbaltianshi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  22. saya punya produk untuk menyembuhkan semua jenis penyakit ,in my follow @AdengKartiwa atau blog saya : http://rumahherbaltianshi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  23. Terima kasih infonya,
    Jika berkenan silahkan kunjungi blog kami juga, Manfaat Susu Kambing Etawa untuk kesehatan pencernaan. Terima kasih..

    BalasHapus
  24. Wah info nya sangat bermanfaat.trimakasih,untk semua infonya.doa terbaik utk anda

    BalasHapus
  25. Wah info nya sangat bermanfaat.trimakasih,untk semua infonya.doa terbaik utk anda

    BalasHapus
  26. Info luar biasa.trimaksh infony+farian menunya..mksh niaga

    BalasHapus
  27. Thanx buat infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  28. Terimakasih info & tipsnya. Lagi penyembuhan hepatitis A nih, 😉😉😉

    BalasHapus
  29. Salam
    Kata dokter sy terinfeksi pnykit heptitis B.
    Tapi kluhan sy hnya sering cape saja. Ad kmungkinan g sy bisa smbuh total.
    Trmksh

    BalasHapus
  30. Terima kasih banyak untuk info yg sangat membantu ini. Semoga kita semua selalu dalam kondisi sehat, dan yg sakit bisa segera pulih kembali. Amiin.

    BalasHapus
  31. trim's info yang sangat berharga

    BalasHapus
  32. Trimakasih, sy akan ikuti nasihat ini. Sy Ryandi. Kena hepatitis diusia ini. Smga fpt sembuh ya, amin. Tebing tinggi 23/12/2016 balas.

    BalasHapus
  33. apakah resep makanan di atas juga berlaku untuk penderita hepatitis dengan komplikasi ?

    BalasHapus
  34. Saya penderita heatitis b kronis, apakah bisa mengikuti menu tersebut?

    BalasHapus
  35. Apakah benar Hepatitis B tidak bisa di sembuhkan ? Tolong iforinformas

    BalasHapus
  36. Saya d diagnosa Hepatitis b ,,sya lagi hamil 9 bulan,,
    Apa saya bisa melahirkan normal?

    BalasHapus
  37. Nama saya Rebecca dan sudah 2 bulan sejak dr. Iyabiye menyelamatkan saya dari hepatitis kronis b. Saya menderita penyakit itu untuk waktu yang lama, perut saya bengkak dan sakit di sekujur tubuh. Saya memanggilnya dan dia memberi saya obatnya dan setelah saya minum obat, saya sembuh. Saya di sini untuk mengucapkan terima kasih dan memberi tahu orang-orang bahwa hepatitis dapat disembuhkan. Hubungi dia di: iyabiyehealinghome@gmail.com Hubungi / whtsapp: +2348072229413

    BalasHapus
  38. masukkan referensinya donk bro......jangan gelap gelapan, sayang info nya dah bagus tp sumbernya klu buku ya buku apa dll.....smoga manfaat
    semangat terus ya utk berbagi...salam

    BalasHapus